google.com, pub-3705077260329945, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Minggu, 10 Februari 2019

Selayang Pandang Karang Taruna Indonesia bagian I

I.Pendahuluan.

Sebagai wadah organisasi kepemudaan, wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda didesa/ kelurahan, Karang taruna mempunyai tugas pokok bersama pemerintah menanggulangi berbagai permasalahan kesejahteraan sosial dilingkungannya terutama permasalahan sosial yang disandang oleh generasi muda.

Karang Taruna
Pada sa'at ini Karang taruna hampir ada disetiap desa/kelurahan diseluruh Indonesia. Sesuai dengan kemampuan dan kondisi daerah masing-masing, KARANG TARUNA telah banyak melakukan berbagai upaya dalam membangun daerahnya khususnya bidang kesejahteraan sosial generasi muda dan umummnya masyarakat.

Karang Taruna
Menyadari kompleknya persoalan kesejahteraan sosial yang berkembang seiring dengan laju perkembangan pembangunan dan pengaruh lingkungan global, mendorong Karang taruna sebagai salah satu wadah peran-serta masyarakat/pemuda untuk berkarya,  berbakti dalam menangani permasalahan Sosial di masyarakat. Untuk itu upaya-upaya untuk memberdayakan Karang taruna di setiap Desa/Kelurahan perlu terus ditingkatkan, Peranan Kepala Desa/ Lurah sebagai pembina Karang Taruna didesa/Kelurahan sangatlah penting dalam upaya pemberdayaan Karang Taruna.

Karang Taruna
Upaya tsb diarahkan dalam rangka mewujudkan meningkatnya kualitas dan melembaganya Karang taruna yang berperan aktif dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial sehingga dapat mencegah dan menanggulangi permasalahan-permasalahan sosial  dimasyarakat khususnya Generasi muda, seperti persoalan kenakalan remaja,Penyalah-guna'an narkotika, pendidikan dan ketenaga-kerjaan bagi generasi muda, anak terlantar, orang tua jompo, gelandangan dan pengemis serta Wanita Tunasusila,dll.

Karang Taruna
Harapan Masyarakat terhadap Karang taruna perlu diwujudkan, antara lain dengan mewujudkan Program nyata atau kegiatan-kegiatan baik kegiatan yang bersipat Rekreatif, Edukatif, Ekonomi produktif, dan kegiatan praktis lainnya seperti seni budaya dan olah-raga. Kegiatan-kegiatan Karang taruna tersebut melibatkan semua unsur Generasi muda di desa/kelurahan dari mulai usia 7 tahun sampai usia 40 tahun dimana Karang taruna itu berada.

Salah satu peserta Kirab Remaja Nasional dari Karang Taruna Selexta
Banyak Sudah Karang Taruna yang telah meraih Prestasi luar biasa ditingkat daerah dan Nasional diantarnya adalah: Karang Taruna Selexta Karang pucung Lampung Selatan di era tahun 1990-an, Karang Taruna Ambarawa- Pringsewu, Karang Taruna Tanjung Bintang-Lampung selatan, dan Karang taruna lainnya yang tersebar diseluruh Indonesia yang tidak dapat disebutkan satu-persatu.

Tenaga Inti Karang Taruna
Didalam berbagai upaya pemberdayaan Karang Taruna, berbagai kegiatan dan karya-karya Karang taruna sebagai bentuk peran dan pungsinya dalam rangka pelaksanaan tugas pokok Karang Taruna yaitu: ikut menanggulangi berbagai permasalahan kesejahteraan sosial masyarakat terutama yang disandang oleh generasi muda.

Bersama Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung th.2018
Meningkatkan kemajuan dan kualitas Karang Taruna dalam kiprahnya untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan yg khususnya menangani permasalahan sosial, perlu kerjasama lintas sektoral yang kuat dan terprogram, oleh sebab itu diperlukan pengurus Karang Taruna dari anak-muda Karang Taruna yang handal, mampu berkoordinasi dan mampu bersinergis dengan Pemerintah Desa/Kelurahan dan Dinas terkait, serta mampu memimpin Organisasi.

Karang Taruna
Akan merupakan andil yang besar dalam rangka meningkatkan kualitas sumber-daya manusia muda Indonesia sebagai Pewaris nilai-nilai luhur budaya dan penerus cita-cita perjuangan bangsa serta sumber insani bagi pembangunan  Nasional, apabila generasi muda aktif dalam kegiatan yang tergabung dalam Karang taruna,

Dari Karang Taruna bisa menjadi kader bangsa di PPUKRN
Suatu hal yang tidak mustahil, sebenarnya didalam Karang Taruna-lah digembleng kader-kader pemimpin bangsa, sebagai sumber insani bagi pembangunan Nasional.

Karang pucung, 10 Pebruari- 2019
ditulis oleh: Abdul Rohim/ Tenaga inti Karang Taruna Nasional.


Tidak ada komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();