google.com, pub-3705077260329945, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Senin, 08 Oktober 2018

BELAJAR USAHA WIFI HOTSPOT

Bisnis wifi hotspot sebenarnya tidak beda jauh dengan bisnis RT/RW Net, bedanya jarak jangkauan Wifi Hotspot lebih pendek, pelanggan Wifi langsung terhubung dari HP atau laptop. Untuk pelanggan RT/RW Net perlu antena outdoor dan peralatan khusus.
Jangkauan Wifi Hotspot umumnya hanya untuk jarak dekat dalam lingkup satu ruangan, satu rumah, satu kantor, atau ruangan terbuka dalam jarak 50-150 meter. Peralatan wifi lebih sederhana dan lebih murah, sedangkan RT/RW Net perlu peralatan yang kompleks dan mahal.


                                                  
                                                     Antena Penerima wifi jarak jauh

Bisa juga menggunakan konsep RT/RW Net untuk dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Jika RT/RW Net tujuannya mendapatkan pelanggan rumahan yang memiliki komputer atau laptop dengan berlangganan bulanan, maka untuk Wifi HotSpot kebanyakan untuk pelanggan yang memerlukan akses internet sesaat dari handphone, tablet, atau laptop, jadi bisa dengan menjual voucher wifi dengan perhitungan jam atau quota internet.

                                               TP-LING Pemancar wifi jarak jauh

Layanan Wifi biasanya untuk untuk fasilitas tambahan bisnis utama seperti cafe, rumah makan, hotel, tempat hiburan, dll.  Sekarang ini bisnis wifi /  hotspot mulai berdiri sendiri sebagai bisnis utama. Untuk bisa menjalankan bisnis wifi kita harus berlangganan internet tanpa quota (unlimited), biasanya telkom speedy/indihome atau layanan internet lewat kabel tembaga/optic lainnya. Jika di lokasi kita tidak dilewati kabel internet, bisa berlangganan Provider Internet Wireless untuk itu perlu memiliki sebuah tower. Pilihan lainnya jika di wilayah kita bisa menerima sinyal 4G Bolt / Smartfren, bisa menggunakan modem dengan kartu Bolt atau Smartfren. Mereka memiliki layanan internet unlimited.



Tanpa modal

Anda mendaftar dan berlangganan Telkom Indihome, maka akan mendapatkan modem router yang ada wifinya. Anda sudah bisa berjualan wifi dengan memberikan password wifi ke pada pelanggan. untuk membatasi akses internet pelanggan anda bisa melakukan setingan mac address di modem lewat handphone anda. Catat dulu nomor mac address handphone pelangan, masukkan ke dalam setingan wifi dan aktifkan. Jika jatah koneksi pelanggan habis, maka cukup di-disable atau dihapus mac address handphone pelanggan yang bersangkutan. Biaya sewa peralatan dan pemasangan Indihome, dibebankan pada tagihan bulan depan.
Dengan peralatan Modem Router bawaan dari Telkom ini cakupan WIFI di dalam ruangan sangat bagus, jika menembus tembok kekuatan sinyal turun setengah. Di tempat terbuka jika tidak terhalang bangunan bisa menjangkau jarak sekitar 25 meter.

                                      Modem Router bawa'an Telkom indihome


Modal sekitar Rp.500.000,-

Jika di daerah anda sulit untuk mendapatkan jaringan telkom, maka salah satu cara adalah dengan membeli Router Wifi dan modem 4G. Dengan modal Rp.500.000,- anda bisa mendapatkan barang-barang tersebut dengan kondisi bekas dan pulsa untuk paket unlimited dari Smartfren 4G.


 Jika tercover oleh sinyal Bolt maka anda bisa mendapatkan paket 4G Bolt yang murah. Anda harus mendaftar ke Service Center, atau membeli paket unlimited Bolt tanpa mendaftar. Jika anda mendaftar di Service center Bolt, anda akan mendapatkan peralatan Modem Router Wifi, sehingga tidak perlu beli peralatan lagi.

                                                            Router TP-Link


Modem Router TP-LINK seperti ini hanya bagus untuk satu ruangan saja, jika ingin memperluas jangkauan perlu Router TP-LINK tambahan yang difungsikan sebagai Repeater/Wireless Range Expander.
Jika sinyal modem 4G lemah tambahkan kabel USB extention untuk meninggikan modem. Untuk lebih maksimal lagi gunakan antena dari wajan/penggorengan.



Sebenarnya ada peralatan Modem Wifi (mifi) namun peralatan ini menggunakan baterei dan harus sering di-charge sehingga tidak praktis. Jika adaptornya dipasang terus menerus akan merusak peralatan tersebut.
Modem Mifi hanya menjangkau satu ruangan dengan jarak berkisar 15 meter atau lebih jika tanpa halangan.

LANGGANAN INTERNET UNTUK WIFI
Sebelum memulai Bisnis Wifi pastikan di daerah kita bisa berlangganan akses internet, karena kita akan menjual kembali akses internet lewat koneksi Wifi. Jenis-jenis provider internet yang bisa digunakan untuk Wifi :
  1. Jaringan Telkom Kabel Tembaga mungkin paling umum tersedia di seluruh pelosok tanah air. Bisa berlangganan paket speedy atau indihome. Harga paket di berbagai wilayah berbeda-beda.
  2.  Jaringan Kabel Optik sudah mulai berseliweran di kota-kota besar dan kecil di Indonesia. Salah satu provider internet kabel optik adalah Telkom Indihome.
  3. Jaringan 3G/4G juga bisa digunakan jika terpaksa karena tidak ada pilihan lagi. Pilihlah yang menyediakan paket unlimted seperti Bolt dan Smartfren..


4.Wireless ISP (Internet Service Provider) pernah populer sebelum adanya internet kabel optik. Berlangganan internet lewat Wireless ISP sangat mahal dibandingkan dengan ISP kabel optik. Selain itu perlu modal besar untuk mendirikan tower/antena.

                                Tower Antena Provider wifi @TSCN Nurul Hidayah

5.Internet service provider via satelit dengan bantuan antena parabola dapat digunakan jika kita berada di wilayah terpencil yang tidak ada jaringan telphone atau handphone. Biaya berlangganan sangat mahal dan biaya pemasangan juga sangat mahal.



PERALATAN TAMBAHAN UNTUK BISNIS WIFI / HOTSPOT
Dengan berlangganan internet Telkom Indihome atau Bolt Unlimited Home anda tidak perlu membeli peralatan apapun, sudah bisa memiliki bisnis Wifi / Hotspot. Namun untuk menunjang bisnis wifi anda perlu beberapa peralatan pendukung yakni :

                                                    Bolt Unlimited home

1.Router Mikrotik
Router Mikrotik, fungsinya diantaranya untuk mengatur penggunaan masing-masing pelanggan. Membuat ID dan password masing-masing pelanggan untuk keperluan pembuatan Voucher. Membuat tampilan awal Wifi agar lebih profesional. Membagi bandwidth pelanggan sesuai dengan tipe berlangganan, bisa juga untuk Web Proxy yang berguna untuk mempercepat browsing dan menghemat bandwith dan masih banyak lagi manfaatnya.
                                                        Router Mikrotik



2. Wireless Outdoor Access Point
Peralatan ini berguna untuk memancarkan sinyal wifi agar lebih kuat dan bisa menjangkau jarak yang lebih jauh. Peralatan ini dipasang di luar rumah dan memerlukan sebuah tiang dari besi atau dari bambu. Dengan peralatan ini sinyal bisa menembus tembok disekitar rumah. Jika tanpa penghalang bisa mencapai jarak ratusan meter bahkan lebih.

                                                    Gambar: Wireles outdoor acces point


Peralatan di atas juga bisa digunakan sebagai penerima (Point 2 Point) atau sebagai repeater, sehingga  Wifi anda bisa memiliki sinyal yang sangat kuat di tempat lain.
Dengan peralatan Wireless Outdoor Access Point yang tahan cuaca panas dan hujan, sehingga bisa ditempatkan di atas antena. Maka jangkauan wifi bisa menembus rumah-rumah di sekitar kita.
Dengan peralatan yang sama pelanggan bisa menerima dalam jarak hingga 5 km.

3. Antena Outdoor Access Point
Untuk sinyal yang lebih kuat dan jangkauan yang lebih luas dan merata, perlu peralatan tambahan berupa antena. Selain itu anda juga harus mempersiapkan tiang antenanya.

                                               Gambar: Antena Outdoor Acces point


4. Printer
Untuk mencetak voucher gesek anda membutuhkan sebuah printer blootooth yang bisa print dari handphone, atau printer biasa tetapi anda harus memiliki sebuah komputer. Untuk menutup kode Voucher perlu stiker gesek yang ditempelkan di atas kode.
                                                Gambar:  Printer wifi wireless







5. Server Pulsa Voucher Wifi Elektrik
Jika jangkauan Hotspot / Wifi anda sangat luas, atau anda membuat repeater di beberapa tempat, anda bisa merekrut agen-agen untuk menjual Voucher Wifi Elektrik. Untuk itu anda perlu membuat sebuah server pulsa yang biasa digunakan untuk menjual pulsa handphone. Minimal hardware yang diperlukan adalah sebuah komputer lama PC Pentium 4 dengan windows XP dan sebuah modem atau handphone untuk SMS center. Software server pulsa yang digunakan adalah Otomax bisa menggunakan yang versi Gratis. Software ini bisa digunakan untuk berjualan Voucher Elektrik Wifi dengan menambahkan Produk , pilih Voucher Fisik, lalu masukkan kode wifi satu persatu. Anda juga bisa berjualan Voucher Game. Untuk mendapatkan aplikasi Otomax, download aplikasi Otomak di:disini



Seperti halnya Agen Pulsa, Agen yang hendak berjualan Voucher Wifi Elektrik harus menyerahkan uang deposit misalnya sebesar Rp.100.000,- sebagai modal untuk berjualan. Saldo Agen akan terpotong setiap melakukan transaksi pembelian Wifi, Pulsa Handphone, Token PLN, atau Voucher Google Play, Voucher Facebook, dll.

                     Salam dari kami Masdoel Elektrokom, Selamat berbisnis wifi.




Tidak ada komentar:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();