Jumat, 22 Januari 2010

Riwayat Singkat RKSM.bagian :I.

---------Bermula dari pengguna radio FM merek Unico yang dilengkapi perangkat wireles FM,alat komunikasi radio FM merambah luas dilampung.Oleh beberapa pemilik Radio Unico tsb dimanpaatkan untuk sarana berkomunikasi jarak pendek mencapai jangkauan 1,5 Km. Dengan sedikit perbaikan dan perubahan pada bagian antenanya memungkinkan radio Unico dapat dipergunakan untuk komunikasi jarak jauh mencapai jangkauan 5.km. Diketahuinya radio Unico FM ada manpaat untuk komunikasi dampaknya para pemilik radio tsb bertambah banyak dan meluas tersebar ke beberapa kecamatan di Lampung,terutama Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung. --------Pada tahun 1990 di kemiling Tanjung karang barat dan di teluk betung,beberapa orang Pengguna Radio FM yang menguasai teknik transceiper mencoba mengembangkan Perangkat pemancar FM terlepas dari radio mini merek Unico, seiring dengan upaya itu,dipasaran tersedia PCB pemancar FM yang diproduksi oleh PT.SIEMCORE RONICA. Pertama kali Pemancar radio FM yang dilengkapi dengan radio tunner secara terpisah digunakan di Kemiling oleh seorang teknisi Elektronik yang bernama Charli, kemudian disusul oleh Gunawan, Kusmanto, Saepul, Ali topan, darminto dan Bambang. --------Pada tahun 1991 di Teluk betung, perangkat pemancar FM yang dilengkapi Radio tuner terpisah tsb dikembangkan lagi oleh Juragan tahu,GM,Arjuna, Kang SM,Undur-undur dan beberapa penggemar radio FM lainnya. Ditempat lain seperti; togog,Eric,Rahmat digunung betung turut pula mengotak-atik dan mengembangkan Pemancar dan penerima radio FM ini,Juga di Pringsewu Tanggamus diketahui ada Simon yang ber-elektronik ria merancang transceiver Fm. ---------Perkembangan demikian pesat tidak terelakan lagi,udara dilampung dipenuhi para briker-briker radio FM yang bersimpang-siur melakukan komunikasi lewat jalur radio FM. Pada tahun 1992 diadakanlah pertemuan para teknisi,para pengguna komunikasi radio FM, bertempat di kediaman Charli kemiling Bandar Lampung, belum menghasilkan kesepakatan apapun pada pertemuan perdana itu, hanya sebatas tukar inpormasi bagimana cara merancang radio transceiver FM yang baik dan mencapai daya pancar yang jauh. ----------Tahun 1993 diadakanlah pertemuan ke 2 di kediaman GM Cimeng Teluk betung,dari beberapa kecamatan hadir pada pertemuan tsb,termasuk dari Kecamatan Tanjung bintang sdr Jamil dan Gombal, belum menghasilkan keputusan dlm pertemuan tsb,hanya sebatas rancangan perlu adanya organisasi yang menaungi para penggemar komunikasi radio FM. pertemuan ke 3 pada tahun yang sama bertempat di kediaman D.Lindu Bandar Lampung barulah berhasil merumuskan keputusan penting tentang keberadaan Radio Komunikasi FM.Diantaranya adalah: a) tata cara berkomunikasi yang baik. b) Kemungkinan untuk mendapat pembinaan dari Pemerintah.

5 komentar:

hady cjdw mengatakan...

semoga RKSM tetap jaya di udara lain waktu dan kesempatan saya NCP 011 Alpa Indian TANGKUR beserta anggota khususnya srengsem kec panjang mohon maaf untuk sementara belum bisa mengudara,,semoga lain waktu kita bisa jumpa lagitotandi

Anonim mengatakan...

Demikiankah RKSM sampai saat in...? Dituntut Inovasi perangkat FM yang dapat mengikuti kemajuan zaman tanpa mengurangi Ke Khas dari FM itu sendiri.Charli kilo.Kemiling.Bandar lampung.Bravo RKSM

ZaenalElectronic mengatakan...

saya juga penggemar fm, bagi yang berminat, saya ada BLUE PRINT transceiver yang tak pakai terakhir kali (tapi ya terpaksa bongkar2 arsip he he he), abis itu diembat maling trus setelah itu saya gak nongol lagi di arena fm wkkk.

transceiver yang saya kembangkan sejak tahun 2000an hingga sektar 2004 murni transceiver. berbasis PLL step 50Kc frekuensi 82 s.d 87MHz, Up Down Dial, namanya transceiver, ya gak perlu zerobeat. tinggal dial, denger ada orang ngobrol, trus pencet PTT aja.

Abdul Rohim.At. ( mazthoel ) mengatakan...

Alhamdulillah....teman-teman RKSM rupanya masih ada yang eksis, hayyooo kita galakan lagi komunikasi Radio FM.Komunikasi yng Unik,merakyat,murah tanpa pulsa dan tentunya perangkatnya Bikin sendiri, bagi teman-teman yng punya INOVASI PERANGKAT FM TERBARU Promosikan disini......jangan lupa sertakan no Hp. bila ada yng pesan untuk mudah dihubungi. Terima kasih. 001.Delta Eho (bonar-Katibung-Wysulan-Lamsel )

Abdul Rohim.At. ( mazthoel ) mengatakan...

Kang tangkur.....hayo kita galakan lagi radio RKSM.....