Rabu, 17 April 2013

BIKIN ANTENA RADIO KOMUNIKASI FM,BAGIAN KE II

Menikmati siaran radio FM memang sangat mengasyikan,baik siaran berita ataupun musik,karena kualitas audia yang baik,bersih dari gangguan distorsi,Apalagi kalau radio FM yang anda miliki dapat digunakan untuk komunikasi akan lebih mengasyikan. Meskipun pada saat ini banyak terdapat alat komunikasi yang lebih canggih seperti Hp,Laptok dng koneksi internet BB, SSB,RIG dan HT, tetapi para hobi kit Elektronik jauh lebih nikmat berkomunikasi dengan radio FM.
Membangun ataupun merombak radio penerima FM menjadi radio komunikasi kirim terima ataupun Transceiver tidaklah sulit, disini tidak akan membahas bagaimana cara membangun radio Transceiver radio FM,tapi yang kita bahas adalah membangun antenanya terlebih dahulu,antena Radio FM yang bisa digunakan untuk penerima radio FM ataupun pemancar radionya sehingga antena ini bisa dipakai untuk kirim dan terima ( Transceiver ) Signal radio FM yang bekerja pada prekwensi 84 s/d.104 Mhz.FM.

Seperti Lambang RKSM itulah kira-kira gambaran utama model Antena Radio Transceiver radio FM.88.Mhz. Model ANTENA Pertama adalah model antena Layang-layang Rusak dengan masing-masing sisi berukuran 80 cm.. cara membuatnya sangatlah mudah: ambil sebatang pipa alumunium sebesar kelingking dengan ukuran panjang 320 cm, ukur dengan meteran dan setiap 80 cm diberi tanda garis dengan spidol permanen, tekuk membentuk empat sisi persegi dengan masing-masing sisi berukuran 80 cm.Tahap selanjutnya buat rangka antena dari kayu kering kira-kira tebal kayu 1.cm,lebar 2.cm panjang disesuaikan dengan panjang dan lebarnya antena. bentuk rangka antena dari kayu seperti tanda + lalu posisikan antena pada rangka kayu tsb dengan kondisi sambungan dibawah ( Ingat sambungan antena tidak boleh disatukan karena kedua ujung sambungan antena yang diposisikan dibawah itu akan dikoneksikan dengan kabel antena). Sambungkan Antena dengan kabel Qx RG.56 atau RG.8,75.Om. sebelah sisi kiri sambungkan dengan kobel negatif(-) sebelah sisi kanan sambungkan dengan kabel positif(+) ingat kedua kutub - dan + tidak boleh bersentuhan. pasang antena dengan tiang setinggi minimal 8 meter dengan sambungan kabel Q RG.58,75.0M yang cukup. Arahkan antena dengan posisi menghadap ketimur dan barat atau masing-masing sisi mengarah ke utara dan selatan. sambungkan kabel antena dengan pesawat penerima radio FM anda atau radio Tuner FM ataupun Transceiver dario FM. dan selanjutnya selamat menikmati siaran radio Fm dengan kualitas tangkapan signal yang Full yang akan menghasilkan tangkapan audio yang jernih layaknya anda sedang menikmati perangkat audio Hi-pi yang berkualitas.
Selamat mencoba, ketemu lagi nanti di Bikin antena radio komunikasi FM BAGIAN III.
By: Mazthoel / Bonar: 08.DE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar