Minggu, 05 Desember 2010

RADIO KOMUNIKASI ANDA MENGGANGGU PENERIMA SIARAN TELEVISI

-----Ini sangat sering terjadi, pesawat komunikasi yang anda gunakan menggangu pesawat penerima televisi. Terkadang kita tidak tau,sa'at kita asik ngebrik dengan perangkat komunikasi radio FM,tiba-tiba tetangga berteriak-teriak suara kita ada ditelevisi tetangga...................................................................................
Kejadian ini diakibatkan adanya kebocoran Radio Frekwensi ( RF) pada pesawat transmiter anda. Penyebab dari kebocoran itu adalah: 1) Tuning Freqwensi radio yang tidak zerobit 2) Terjadi Prekwensi harmonik pada oscilator transmiter 3) adanya fedbeck RF dari transmiter ke receiver sehingga terjadi oscilasi 4) Cuning Final RF yang belum sempurna  5) kabel antena tidak sepadan 6) Antena yang tidak maching  7) Daya power suply yang tidak memadai.
------Penanganan secara sederhana bilamana terjadi kebocoran RF pada radio komunikasi FM antara lain: 1) Lakukan cuning antena secara maksimal tentu saja dengan menggunakan SWR Meter. 2) Setel Oscilator preqwensi FM pada standar preqwensi 86 - 88 mhz. sehingga tidak ada preqwensi harmonic.  3) lakukan cuning total pada bagian Buper, Driver dan utamanya pada bagian Final RF.   4) Pasang Ground dari body perangkat atau bagian Negatif dengan kabel standar ke dalam tanah,tanam kawat atau besi Ground minimal sedalam 60 cm.    5) bila upaya-upaya itu sudah dilakukan masih juga terjadi kebocoran ganti komponen-komponen yang sudah haus seperti kapasitor,condensator atau transistor yang sudah lemah.
.........Selamat mencoba semoga berhasil dan ngebrik terus di radio FM.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Ini berlaku untuk handy talky jg pa?maaf kurang paham.

Denny Sopyan mengatakan...

Ini berlaku untuk handy talky jg pa?maaf kurang paham.

Abdul Rohim.At. ( mazthoel ) mengatakan...

Benar sekali.untuk radio HT yang bekerja di jalur 2 meter band juga sama ,bila terjadi kebocoran itu penyebabnya,tapi saat ini perangkat HT sudah dirancang sedemikian canggih jadi sangat langka terjadi kebocoran, kalaupun masih terjadi kebocoran RF hingga mengganggu siaran TV biasanya itu hanya masalah Antena.