google.com, pub-3705077260329945, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Selasa, 25 Mei 2010

Sejarah Desa Karang pucung kecamatan Waysulan Lampung Selatan

Desa karang pucung awalnya ( Pertama ) dibuka pada tahun 1964,oleh tokoh Pemuda Ansor ( NU ),yaitu: Bapak  Atmawikarta,Bapak Mustofa,Bapak Rusmaja,Bapak Usman.selama 1 tahun mereka berempat menebang hutan. Kemudian pada Tahun 1965 mereka mendatangkan  rombongan ke II ( dua ) yaitu :Bpk.Sunardi, Bapak.Kasmiad, Bapak.Kasmuid, Bapak.Daim, Bapak.Rasmihaja, Bpk.Dasmud, Bpk.Tasum, bpk.Rasno,bpk.Rahid,bpk.Taskum, bpk.Surkim, bpk.Nastu, bpk.Juanda,dll rombongan mereka ini diketuai oleh Bpk.Atmawikarta.




Setelah dikonsep/digambar oleh Bapak Atmawikarta,gambar bentuk Desa, mereka sembilan orang tokoh perintis diantara rombongan itu, kemudian bermufakat untuk menyusun konsep desa sbb:
Nama Desa            : Karang pucung
Nama didaerah       : Karang pucung
Nama lain               : Susukan pucung,Ciweysulan, Kalipucung,atau Waysulan
Arti Nama              : Teguh dan kokoh dalam pendirian,sekokoh batu karang dalam menegakan kebenaran,memperjuangkan kesejahteraan rakyat. Tinggi dalam cita-cita memajukan desa seperti tingginya pohon picung/ pucung yang tumbuh dihutan. kenapa harus nkokoh dlm menegakan kebenaran, karena dikala itu tahun 1965 sedang terjadi gerakan G.30,S.PKI.
yang dimaksud pohon picung atau pucung itu disebut juga pohon klewek dan waktu itu banyak tumbuh diseputaran pinggir sungai Ciweysulan.

Sejarah nama         :  Diambil dari sebuah nama pohon / buah picung ( Pucung ) yang banyak tumbuh dihutan, terutama ditepi sungai Waysulan pada masa tebang buka kampung th.1964, dan disesuaikan dengan asal penduduk yaitu dari Karang pucung-Cilacap- Jawa tengah.
Asal bahasa           : Sunda.,

Dasar Pembentukan Desa : 1. Izin Departemen kehutanan th.1965
                                             2. Pemekaran susukan ( Kampung ) Pucung menjadi desa Karang
                                                 pucung dari desa Induk yaitu Desa Neglasari th.1968.

Awal pembentukan Pemerintah desa Karang pucung dipimpin Langsung secara aklamasi oleh warga desa Karang pucung menunjuk Bapak ATMAWIKARTA sebagai Kepala Rombongan/ Kepala Perintis desa Karang pucung untuk menjabat sebagai Kepala Kampung Karang pucung yang pertama dari tahun 1968 s/d tahun 1987.

Saat itu Kampung karang pucung terdiri dari :1.Dusun Karang pucung, 2.Dusun Umbul baru,srimulyo skarang,3.Dusun Sumber jaya, 4.Dusun Banjarsari, 5.Dusun Sukamaju, 6.Dusun Sinar banten (Pamulihan), 7.Dusun Kiyam ( Purwodadi ).

Masjid Jami Miftahul Jannah desa Karang pucung


Atas Prakarsa Bapak Atmawikarta dan bersama warga Masyarakat pada Tahun 1970 mulai merintis membangun masjid Jami Miftahul-janah,

 Untuk selanjutnya Pada tahun 1972 bersama dng Bpk Mustofa dan Hi Sunardi dan Bapak Hamid mendirikan Madrasah Nurul Hidayah yang waktu itu bernama Sekolah Dasar Islam. Sa'at ini sesuai dengan undang-undang bahwa Sekolah swasta harus berbadan hukum maka pada sekitaran tahun 1995 Sekolah/Madrasah Nurul hidayah Karang pucung resmi berbadan hukum dengan nama Yayasan Nurul Hidayah Karang pucung-Waysulan.

MI,MTs, SMA Nurul Hidayah Karang pucung


Kerja keras para perintis desa membuahkan hasil dan akhirnya pada tgl 17-Agustus-1972 Kampung Karang pucung resmi menjadi desa depenitif dengan nama Desa Karang pucung, acara peresmian digelar dng hiburan rakyat Wayang Golek Semalam suntuk.

Bpk Abdul Rohim telah mengantarkan desa Kr.pucung sbg Desa Teladan Nasional
 2002

Kerja Keras tak pernah surut dan kemudian pada tahun 1974 diatas tanah tebangan bapak Atmawikarta dkk Perintis desa seluas (-+) 10.000 m2 mendirikan Pasar Desa Karang pucung. Pasar desa karang pucung diberi nama Pasar Desa  ARTOSARI desa Karang pucung, jadi pasar desa karang pucung itu namanya pasar ARTOSARI desa Karang pucung. Peresmian pasar desa karang pucung dimeriahkan dengan hiburan rakyat: wayang Golek semalam suntuk. Para tokoh Sponsor berdirinya Pasar Desa ARTOSARI desa karang pucung antara lain yaitu: Bpk. Tar'an ( Alm), Bpk. Casmad, Bpk. Rahid, Bpk Tasum, Bapak Raswin, Bapak Diran, Bapak Daim, Bpk.Subki (alm), Bpk.Mufrodi (alm), Bpk.Hadi Sudirjo (alm),dll. Pembangunan dan pembentukan Pasar Desa Karang Pucung dipimpin langsung oleh Bapak Atmawikarta, dibangun diatas tanah tebangan Bapak Atmawikarta dkk secara swadaya gotong-royong.

Selesai menyusun konsep dan tata-letak pasar desa karang pucung kemudian pada tahun berikutnya yaitu tahun 1976 diatas tanah tebangan Bapak Atmawikarta dkk perintis desa seluas (-+) 2000 m2 mulailah dirintis pembangunan Kantor/ Balai desa Karang pucung, pembanguna kantor/ Balai desa karang pucung untuk pertama kalinya dilakukan secara swadaya gotong royong dan dibantu oleh tokoh-tokoh  dari beberapa dusun yang tergabung dng desa karang pucung yaitu : 1.dari dusun Sinar banten/ desa Pamulihan skarang Bapak Masri, bapak Dudung, 2.dari Dusun Kiyam/ Desa Purwodadi Skarang: Bapak Digdo, 3.Dari Dusun Sukamaju Bpk Kasyono, Bapak Supardi, Bapak Adung. 4.Dari Dusun Banjarsari: Bapak Mukrodi, Bapak Tolib, Bapak Raswin, Bapak Casmad. 5.Dari Dusun sumberjaya: bapak Sator, bapak, Mirsad, bapak, Munawar, Bapak Kadus Sobari sumberjaya, Bpk kyai Endin. 6.Dari dusun umbul baru/dusun srimulyo skarang: bpak Hadi Prayitno, bapak hadi sudirjo, bpk Juanda, dll.


   Lapangan desa Karang pucung.

Konsep penyusunan tata letak desa seluruhnya dikonsep dan digambar oleh Bapak Atmawikarta, sehingga membentuk tata letak desa yang tertata seperti sekarang ini,mirip seperti konsep desa Transmigrasi : mereka menebang hutan untuk area pendidikan, menebang hutan untuk area pasar, menebang hutan untuk area perkantoran desa, menebang hutan untuk area Lapangan,Masjid dan balai desa, menebang hutan untuk merintis membentuk jalan-jalan. Bisa dibayangkan seperti apa kerja keras Mereka, kerja keras untuk mendirikan suatu otonomi baru sebuah desa, yaitu desa KARANG PUCUNG.


 Pemdes Karang pucung Di Hotel Indonesia dimasa Bapak Abdul Rohim sebagai Juara desa Terbaik Nasional.

Jalan dari arah sidomulyo-Sinar Palembang-Pamulihan- Karang pucung tembus ke Talang jawa diberi nama jalan : Batin Putra, siapa batin putra itu, batin putra adalah tokoh masyarakat Kalianda/ pejabat Pemerintah kewedanaan Kalianda/ Pegawai kehutanan yang mendukung perintisan desa Karang pucung. Jalan dari arah sukamaju-Banjarsari- Karang pucung- Sumberjaya diberi nama Jalan Atmawikarta, karena bapak ATMAWIKARTA lah yang mempersatukan semua elemen masyarakat dari beberapa kelompok tebangan/dusun untuk bersatu membentuk desa yaitu desa Karang pucung.

Bulan Bakti LPM 2018 di Lapangan karang pucung

Pemerintah Desa Karang pucung saat ini sudah seharusnya menghargai karya besar perintis desa Karang pucung/ Kepala Desa Karang pucung yang pertama Bapak Atmawikarta.

Topografi singkat desa Karang pucung:
1 Luas wilayah keseluruhan sebelum pemekaran -/+ 49.km2
    Setelah pemekaran: -/+  12.km2
2.Batas-batas wilayah sebelum pemekaran:
   timur : berbatas dengan Lampung Timur.
   barat : berbatas dengan desa sumber-agung
   Utara  : berbatas dengan Lampung timur.
   Selatan : berbatas dengan desa Sindang sari/ Sinar Palembang.
4.Batas-batas desa setelah pemekaran:
   Timur : Desa banjarsari
    barat : Desa Talang waysulan
    Utara : Desa Ngestikarya lampung timur.
    Selatan : Desa Pamulihan.

( DATA LENGKAP DESA LIHAT DI MONOGRAPI DESA KARANG PUCUNG)

6.NAMA-NAMA KEPALA DESA:
   1. Bapak Atmawikarta : a. 1964- 1972.
                                         b. 1972- 1986
   2. Bapak Untung : 1986 - 1991.
   3. Bapak Syahrun : 1991- 1992.
   4. Bapak Abdul Rohim : 1992- 2002
   5. Bapak Komarudin : 1992- 2008.
   6. Abdul Wahid : 2008 - 2014.
   7. Kusyati : 2014 - 2019.
   8...................................................


Mari jadikan Desa Karang pucung Desa yang BERKARISMA , sesuai dengan perjuangan awal dibentuknya desa Karang pucung.
BERKARISMA : Bersih, Elok, Ramah, Kreatif, Asri, Rukun, Iman, Swasembada, dan Aman.

"Wahai para penerus perjuangan kami, kami tidak mengemis penghargaan dari kalian, tetapi setidaknya jangan lupakan sejarah perjuangan kami".

PENULIS: Abdul Rohim Putra Bapak Atmawikarta.



1 komentar:

Anonim mengatakan...

kalau bisa profil desa-nya dibuat lebih detil dan lengkap,untuk bisa dijadikan reperensi data...makasaih

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();