Sabtu, 10 April 2010

MANPA'AT BUNGA MAWAR ( Rosa damascena mill )

 DESKRIPSI TANAMAN

Bunga mawar yang tumbuh ditanam sebagai hiasan ternyata bermanpaat dan berkhasiat obat. bunga mawar yang diambil sarinya untuk pengobatan adalah jenis: mawar semak, bukan mawar yang merambat. Ciri-cirinya bunganya berwarna merah keunguan,baunya harum,bunga berbentuk tumpuk dengan ukuran antara 8 - 10 cm.mempunyai duri yang tajam dan kuat, daun berbentuk bulat telur,bagian tepi bergerigi rapat,dengan ukuran, permukaan daun ditutupi rambut pendek.


KANDUNGAN DAN KHASIAT.

Harumnya bunga mawar karena mengandung minyak atsiri didalamnya. Minyak tersebut mengandung zat yang dinamakan Sitrat,sitronelol, geraniol, linalol, nerol, eugenol, feniletilalkohol, farsenol, nonilal, yang berkhasiat mengobati penyakit Gabag ( morbilli ), gigitan serangga dan jerawat.

CARA MERAMU

bahan:
15 kuntum bunga mawar
3 gelas air
cara meramu:
bunga dicuci kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 3/4 gelas, setelah itu disaring dan dinginkan.

CARA PEMAKAIAN

Air sari bunga mawar diminum 3 kali sehari, sekali minum 1 sendok makan.

UNTUK OBAT DIGIGIT SERANGGA
1 kuntuym bunga mawar.
2 Minyak kelapa secukupnya.
cara membuat: Remas bunga mawar dengan minyak kelapa sampai halus, oleskan campuran tersebut pada daerah yang digigit serangga

UNTUK MERINGANKAN/ MENGURANGI JERAWAT

bahan:
bunga mawar secukupnya.
1 sendok teh serbuk belerang.

cara membuat ramuan:
bunga mawar direbus dengan sedikit air,setelah mendidih saring dengan kain yang halus. air mawar yang telah disaring sebanyak 2 sendok makan di campur dengan serbuk belerang.

cara pemakaian:
Di oleskan pada kulit yang terkena jerawat, lakukan pada malam hari sebelum tidur.

 

Tidak ada komentar: